Jumat, 18 September 2009

Pengertian Destructor


Destructor

Destructor berfungsi kebalikannya dr constructor. Secara otomatis akan dipanggil jika objek di keluarkan dari memory, ataupun karena keberadaannya telah selesai (contoh : jika didefinisikan sebuah objek local dalam function dan function tersebut selesai) atau karena merupakan objek yang secara dinamis ditetapkan dan dikeluarkan dengan menggunakan operator delete.
Destuctor harus mempunyai nama yang sama dengan class, diberi awalan tile (~) dan tidak mengembalikan nilai.
Contoh source codenya :
#include

class CRectangle {
int *width, *height;
public:
CRectangle (int,int);
~CRectangle ();
int area (void) {return (*width * *height);}
};
CRectangle::CRectangle (int a, int b) {
width = new int;
height = new int;
*width = a;
*height = b;
}
CRectangle::~CRectangle () {
delete width;
delete height;
}
int main () {
CRectangle rect (3,4), rectb (5,6);
cout << "rect area: " << rect.area() << endl;
cout << "rectb area: " << rectb.area() << endl;
return 0;
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

saya adalah anak ke 3dr 2 bersaudara...saya sekarang Kuliah T informatika di salah satu PTS di surabaya diharapkan dengan Adanya Blog ini bisa membantu kita sesama orang IT..ataupun yg membutuhkan